Penyalur Bertambah, DANA Jadi Mitra Pembayaran Program Prakerja

Rizky Alika
14 Oktober 2020, 14:40
DANA, kartu prakerja, digital
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program yang bertujuan memberikan keterampilan untuk kebutuhan industri dan wirausaha itu mulai Senin ini hingga dengan Kamis (23/4/2020) melalui laman resmi www.prakerja.go.id.

Manajemen Pelaksana(PMO)  Kartu Prakerja menggandeng startup teknologi finansial yakni DANA sebagai mitra pembayaran program ini. Dengan demikian, ada 5 dompet digital yang bisa dipakai pengguna kartu prakerja, yaitu BNI, OVO, LinkAja, GoPay, dan DANA.

Pemerintah berharap dengan bergabungnya DANA, maka peserta kartu prakerja akan memiliki lebih banyak pilihan dalam menggunakan kartu prakerja. Selain itu, penambahan mitra penyalur ini diharapkan akan meningkatkan inklusi keuangan RI.

"Hari ini DANA resmi menjadi mitra pembayaran kartu prakerja," ujar Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rudy Salahuddin dalam Seminar Kartu Prakerja di Jakarta, Rabu (14/10).

Rudy mengatakan saat ini prakerja telah diberikan kepada 5,6 juta orang dan menyebar di hampir semua wilayah RI. Hal ini berarti sekaligus menunjukkan proses digitalisasi Indonesia terus berjalan karena akses keuangan bergeser menjadi dompet elektronik.

“Prakerja juga meningkatkan pemilik dompet elektronik yang terdaftar untuk aneka transaksi,” kata Rudy.

Hal ini disebutnya akan berdampak ganda, di satu sisi program kartu prakerja dapat berjalan lancar. Sedangkan di sisi lain, angka inklusi keuangan RI akan meningkat di masa depan.

Apalagi menurut Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat inklusi keuangan nasional saat ini masih berada di level 76,2%. OJK menargetkan tingkat inklusi keuangan di Indonesia mencapai 90% di 2024.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...