Relawan KILLCOVID-19 Bantu Kebut Distribusi Vaksin di Sejumlah RS

Ameidyo Daud Nasution
4 Maret 2021, 18:54
vaksinasi, covid-19, virus corona
Katadata
Ketua KILLCOVID-19 Adharta Ongkosaputro juga menyerahkan secara simbolik ventilator kepada RS Husada, Jakarta, Kamis (4/3). Foto: Istimewa

Usaha memacu program vaksinasi nasional tak hanya dilakukan pemerintah. Salah satu yang ikut membantu adalah relawan Komunitas Indonesia Lawan Libas Covid-19 alias KILLCOVID-19.

Komunitas ini dibentuk oleh beberapa orang yang bergerak lintas sektor, mulai dari kesehatan hingga industri makanan dan minuman. Mereka juga membantu vaksinasi pertama KILLCOVID-19 di Rumah Sakit Husada, Jakarta Barat pada Kamis (4/3).

“Tujuan kami untuk mempercepat vaksinasi dan membantu pemerintah memberi informasi Covid-19 yang tepat,” kata Anggota Badan Penasehat KILLCOVID-19 Adhi S Lukman kepada Katadata.co.id, Kamis (4/3).

Dalam vaksinasi, KILL COVID-19 akan bergerak sebagai mitra pemerintah meski tak menyediakan vaksin mandiri. Mereka akan membantu buka pendaftaran bagi masyarakat untuk dilaporkan kepada Kementerian Kesehatan.

Kemenkes akan memberi instruksi ke Dinas Kesehatan untuk menyalurkan vaksin. “KILL COVID-19 akan menunjuk rumah sakit yang membantu,” kata Adhi.

Adhi mengatakan selama hari ini hingga Jumat (5/3), ada 500 relawan yang akan menjalani vaksinasi. Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) itu juga menjadi orang yang divaksin di Rumah Sakit Husada. “Mix (beragam profesi) yang divaksin,” katanya. Pada kesempatan vaksinasi pertama hari ini, Ketua KILLCOVID-19 Adharta Ongkosaputro juga menyerahkan secara simbolik ventilator kepada RS Husada.

Saat ini vaksinasi dilakukan di RS Husada dan Rumah Sakit UKRIDA. Namun KILL COVID-19 membuka kemungkinan membantu pemberian vaksin di rumah sakit lain.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...