Menkes Berharap Vaksinasi Covid-19 Sentuh 20% Penduduk pada Juni 2021

Image title
3 Maret 2021, 14:53
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M, kementerian kesehatan
ANTARA FOTO/Reno Esnir/wsj.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di gedung KPU, Jakarta, Selasa (2/3/2021). Budi menargetkan 20% penduduk Indonesia menerima vaksin virus corona pada Juni 2021.

Pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 bisa menjangkau 181 juta atau 70% penduduk Indonesia di atas 18 tahun. Sehingga kekebalan kemunitas bisa tercapai dan Indonesia segera keluar dari pandemi

Meski begitu, pemerintah masih kesulitan mendapatkan pasokan vaksin virus corona dalam waktu dekat. Oleh karena itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin hanya menargetkan 20% penduduk Indonesia bisa mendapatkan vaksin hingga Juni 2021.

Dia pun meminta masyarakat Indonesia bersabar menunggu giliran vaksinasi. Dia mengatakan bahwa pemerintah akan terus mengebut prosesnya hingga kekebalan kelompok tercapai.

"Kami berusaha mendapatkan vaksin sebanyak-banyaknya, sisanya pada Juli insya Allah bisa sebagian rakyat divaksin," kata Budi pada Rabu (3/3).

Lebih lanjut, dia mengatakan vaksin virus corona menjadi rebutan di seluruh dunia. Bahkan banyak negara belum bisa mendapatkan vaksin tersebut.

Itu lantaran kebutuhan vaksinasi cukup tinggi. Untuk mencapai kekebalan kelompok secara global, 70% dari total 7,8 miliar populasi manusia atau sekitar 5,5 miliar harus divaksinasi.

Itu berarti dibutuhkan 11 miliar dosis vaksin. "Makanya proses vaksinasi bertahap dan butuh waktu," kata Budi.

Di sisi lain, dia menilai Indonesia tergolong beruntung karena telah mendapatkan vaksin. Bahkan proses vaksinasi di Tanah Air telah berjalan.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...