Kontroversi Protokol Covid-19, RI Minta All England Disetop Sementara

Ameidyo Daud Nasution
18 Maret 2021, 21:24
bulu tangkis, covid-19, all england, badminton, covid-19
ANTARA FOTO/Action Images via Reuters/Andrew Boyers/aww.
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo beraksi pada laga ganda putra All England di Arena Birmingham, Inggris, Minggu (15/3/2020). Tim badminton RI memutuskan mundur dari turnamen All England 2021.

Kontroversi mundurnya tim bulu tangkis Indonesia dari ajang All England 2021 terus berbuntut panjang. RI meminta turnamen badminton tahunan tersebut dihentikan sementara demi memastikan seluruh tim mendapat perlakuan adil.

Duta Besar RI untuk Inggris Desra Percaya mengatakan langkah ini perlu diambil lantaran pebulu tangkis Indonesia telah berinteraksi dengan banyak negara di turnamen tersebut. Beberapa pemain seperti Jonatan Christie, Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Marcus Fernaldi Gideon memang telah menjalani pertandingan sebelum mundur karena protokol Covid-19.

Advertisement

“Tentunya perlu dipertimbangkan All England dihentikan sementara untuk memberi kesempatan isolasi mandiri,” kata Desra dalam konferensi pers, Kamis (18/3) dikutip dari Antara.

Desra juga sudah menyampaikan usul tersebut kepada Kepala Departemen Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Inggris. Usulan juga disampaikan agar tim badminton RI dapat kesempatan menjalani tes usap yang memastikan kelanjutan mereka di kompetisi. “Ini seperti dilakukan dalam Australian Open di Melbourne,” kata Desra.

Selain itu, usulan disampaikan agar tim Indonesia diberi kesempatan menjalani tes usap PCR, yang hasilnya akan menunjukkan bisa atau tidaknya mereka melanjutkan kompetisi. Desra juga akan melayangkan surat protes kepada Presiden Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) Poul-Erik Høyer Larsen dan Kepala Eksekutif Badminton Inggris.

“Karena atlet lain yang diindikasikan positif bisa dites, kenapa tim Indonesia yang tidak positif tetapi diduga berinteraksi dengan yang positif tidak dites,” katanya.

Sedangkan Dubes Inggris untuk RI Owen Jenkins sedang berkoordinasi dengan pihak terkait di negaranya untuk menyelesaikan masalah ini. Jenkins juga menyayangkan Indonesia yang tak bisa melanjutkan turnamen meski aturan kesehatan juga perlu diterapkan dengan ketat dan adil.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement