Dukungan Pemimpin Eropa ke Vaksin AstraZeneca Usai Isu Efek Samping

Ameidyo Daud Nasution
20 Maret 2021, 10:56
eropa, covid-19, vaksin astrazeneca
ANTARA FOTO/REUTERS/Leon Neal/Pool /aww/cf
Perdana Menteri Britain Boris Johnson mengacungkan dua jempol setelah menandatangani kesepakatan dagang Brexit dengan Uni Eropa di 10 Downing Street di London, Britain, Rabu (30/12/2020). Boris Johnson telah disuntik vaksin AstraZeneca pada Jumat (19/3).

Dukungan terhadap penggunaan vaksin Covid-19 bikinan AstraZeneca datang dari sejumlah pemimpin di Eropa. Ini setelah beberapa otoritas di sana memberikan lampu hijau usai vaksinasi dihentikan karena adanya efek samping penggumpalan darah.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson telah menerima suntikan vaksin AstraZeneca pada Jumat (19/3). Johnson tetap menerima suntikan meski ia tahun lalu sempat dirawat akibat Covid-19. Usai disuntik, ia meminta masyarakat Inggris melakukan hal yang sama.

“Saya tidak merasakan apa-apa, sangat bagus dan cepat,” kata Johnson dikutip dari Reuters.

Adapun Kanselir Jerman Angela Merkel juga mengatakan dirinya akan menjalani vaksinasi dengan suntikan AstraZeneca. Meski demikian, ia juga mendukung langkah transparan mengenai vaksin ini.

“Agar semua orang tahu bahwa kami tidak menyembunyikan apapun,” katanya.

Sedangkan Perdana Menteri Italia Mario Draghi mengatakan ia akan menjalani vaksinasi dengan antivirus bikinan AstraZeneca. Italia melanjutkan penggunaan vaksin ini usai tiga hari disetop karena kekhawatiran efek samping.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...