Jokowi Berharap Masyarakat yang Terpukul Pandemi Bisa Tertolong Zakat

Rizky Alika
15 April 2021, 16:20
jokowi, zakat, covid-19, baznas
Katadata
Presiden Joko Widodo saat pembayaran zakat di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/4). Presiden berharap dana zakat bisa sampai kepada masyrakat yang kehidupannya terdampak pandemi. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pada Kamis (15/4). Pembayaran zakat ini juga diikuti oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan para menteri kabinet Indonesia Maju.

Jokowi berharap seluruh pejabat baik Badan Usaha Milik Negara, swasta, hingga kepala daerah menunaikan zakat lewat amil zakat resmi. Ia berharap, dana yang telah dihimpun oleh Baznas bisa digunakan untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19.

"Dan memastikan penyalurannya tepat sasaran dan betul-betul sampai ke saudara yang membutuhkan,"  kata Jokowi di Istana Presiden, Jakarta, Kamis (15/4).

 Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara juga meluncurkan Gerakan Cinta Zakat. Tujuannya untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam meningkatkan zakat, infak, dan sedekah.

Selain itu, gerakan tersebut sejalan dengan program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan, menangani dampak musibah, dan menuntaskan program Sustainable Development Goals (SDGs).

Ketua Baznas Noor Achmad mengatakan, pihaknya menginisiasi program pendistribusian dana, yaitu untuk darurat kesehatan, darurat sosial ekonomi, dan program kelanjutan yang telah berjalan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...