3,8 Juta Dosis AstraZeneca Tiba, RI Sudah Terima 67 Juta Vaksin Corona

Rizky Alika
26 April 2021, 20:28
vaksin, astrazeneca, covid-19, virus corona, menteri luar negeri
ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/rwa.
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin AstraZeneca di Mandiri University, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (26/3/2021). Pemerintah mendapatkan tambahan pasokan 3,8 juta vaksin AstraZeneca, Senin (26/4).

Indonesia kembali menerima kedatangan vaksin AstraZeneca sebanyak 3,85 juta dosis yang tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada Senin (26/4) malam. Dengan demikian RI memiliki 67,4 juta dosis vaksin Covid-19.

Vaksin tersebut diperoleh dari skema COVAX facilities yang merupakan kerjasama multilateral antara World Health Organization (WHO) dan Global Alliance for Vaccine and Immunization (GAVI). Tujuannya memeratakan akses vaksin di negara miskin dan berkembang.

Advertisement

"Vaksin AstraZeneca tiba sebesar 3.852.000 dosis," kata Retno di Soekarno Hatta, Tangerang, seperti dikutip dari siaran KompasTV Senin (24).

Sebelumnya, Indonesia juga telah menerima vaksin AstraZeneca dari COVAX facilities sebesar 1,1 juta dosis pada 3 Maret lalu. Dengan demikian, sudah ada 4,96 juta dosis vaksin AstraZeneca yang diperoleh dari COVAX facilities secara gratis.

Dengan upaya tersebut, Indonesia menempati posisi pemberian vaksin ketiga terbesar di Asia, hanya di bawah Tiongkok dan India. "Ini bukan ikhtiar mudah dan ini akan terus kami lakukan," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Retno menyampaikan kekhawatirannya atas munculnya gelombang penularan Covid-19 di beberapa negara. Selain itu, kebutuhan vaksin global semakin meningkat dan mengakibatkan pengiriman vaksin di seluruh dunia terhambat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement