Jokowi Khawatir, 18,9 Juta Orang Tetap Ingin Mudik di Tengah Covid-19

Rizky Alika
29 April 2021, 11:40
jokowi, mudik, covid-19, lebaran
Katadata
Presiden Joko Widodo menyatakan kekhawatirannya, Kamis (29/4) atas masih adanya 18,9 juta orang yang ingin mudik di tengah pandemi.

Pemerintah telah melarang masyarakat untuk mudik pada Lebaran tahun ini. Namun, Presiden Joko Widodo mencatat hasil survei menunjukkan masih ada 18,9 juta orang atau 7 persen penduduk ingin pulang kampung di tengah pagebluk.

Angka tersebut sebenarnya menurun usai adanya penerbitan larangan mudik. Meski demikian, jutaan orang yang akan pulang kampung di tengah Covid-19 ini tetap merisaukan Presiden.

"Saya betul-betul masih khawatir mengenai mudik di Idul Fitri," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada kepala daerah se-Indonesia tahun 2021 di Istana Kepresidenan, Rabu (28/4).

Untuk itu, Jokowi meminta sosialisasi larangan mudik harus terus dilakukan sehingga jumlah pemudik bisa ditekan. Selain itu, pemerintah daerah diminta menekankan masyarakat untuk patuh protokol kesehatan.

Mantan Wali Kota Solo itu pun yakin, kasus Covid-19 tidak akan meningkat 93 persen seperti Lebaran tahun lalu. Hal ini bisa terjadi jika pemerintah daerah mengendalikan protokol kesehatan pada masyarakat.

Sebagaimana diketahui, libur panjang kerap berdampak pada kenaikan kasus virus corona. Usai Idul Fitri 2020, kasus Covid-19 harian meningkat 93 persen, sedangkan libur hari kemerdekaan mengakibatkan kasus harian melonjak 119 persen.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...