Varian Baru Covid-19 Telah Masuk Jatim, Menkes Minta Tes Digenjot

Ameidyo Daud Nasution
17 Mei 2021, 14:46
Covid-19, virus corona, jawa timur, mutasi corona
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan paparan saat menghadiri rapat kerja bersama Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021). Budi pada Senin (17/5) mengatakan varian baru Covid-19 telah ditemukan di Jawa Timur.

Mutasi virus corona Covid-19 terus bermunculan di Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan dua mutasi virus dari Afrika Selatan dan Inggris ditemukan di Jawa Timur pada pekan lalu.

Keduanya didapatkan dari pekerja migran yang pulang dari Malaysia. Oleh sebab itu Budi meminta kepala daerah hingga dinas kesehatan lebih gencar menggelar tes demi mendeteksi varian baru ini.

Advertisement

“Karena varian baru penularannya juga tinggi,” kata Budi saat konferensi pers virtual, Kamis (17/5).

Budi mengatakan paling tidak 40 ribu tes harus dilakukan setiap hari demi membongkar kontak erat. Tak hanya itu, ia meminta warga tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat seperti memakai masker.

“Protokol Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro dijalankan, tes dan tracing harus jalan,” kata Budi.

Pekan lalu Budi menyatakan bahwa mutasi Covid-19 varian B.1.617 yang berasal India telah masuk RI dan banyak ditemukan di Sumatera dan Kalimantan. Hingga minggu lalu, sudah ada 10 kasus mutasi varian asal India yang telah ditemukan di Indonesia.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement