Batal Berangkat Tahun Ini, Ada 7 Tahap Pengembalian Setoran Dana Haji

Ameidyo Daud Nasution
4 Juni 2021, 18:47
haji, dana haji, kementerian agama, covid
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Jemaah Calon Haji Wasnadi (62) menunjukan bukti pelunasan pembayaran ibadah haji di rumahnya Kelurahan Margadana, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (4/6/2021). Menurut data Kementerian Agama Kota Tegal sebanyak 213 jemaah calon haji kembali gagal berangkat karena adanya kebijakan dari Pemerintah untuk tidak memberangkatkan ibadah haji sebagai antisipasi penularan COVID-19,.

Kementerian Agama memutuskan tak memberangkatkan calon jamaah haji pada tahun ini. Mereka yang batal berangkat ke Tanah Suci bisa mengajukan pengembalian setoran pelunasan biaya yang telah dibayarkan.

Keputusan pembatalan pemberangkatan diambil setelah dilakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti DPR RI, kementerian/lembaga, organisasi keagamaan, asosiasi travel, dan sejumlah unsur lainnya.

Advertisement

“Calon jamaah yang batal dan sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Ramadan Harisman, Jumat (4/6) dikutip dari Antara.

Kemenag menyiapkan tujuh tahap pengembalian dana kepada calon jamaah. Pertama, jamaah mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan secara tertulis kepada Kepala Kantor Kemenag Kabupaten dan Kota.

Syaratnya adalah bukti setoran Bipih yang dikeluarkan bank, fotokopi buku tabungan atas nama calon jamaah, fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Kedua, permohonan jamaah akan diverifikasi kepala seksi Kantor Kemenag. Jika lengkap, pejabat terkaut akan memberi input untuk langkah selanjutnya. Ketiga, Kepala Kankemenag  akan mengajukan permohonan pembatalan setoran pelunasan secara tertulis dan dikirim kepada Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri.

Keempat, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri mengonfirmasikan pembatalan setoran pelunasan jamaah pada aplikasi Sistem Komputerisasi Haji Terpadu. Kelima, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan secara terulis kepada Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement