RI Dihantam Covid-19, Australia Sumbang 2,5 Juta Vaksin hingga Oksigen

Ameidyo Daud Nasution
7 Juli 2021, 18:50
vaksin, australia, covid
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 AstraZeneca di Sentra Vaksinasi yang ada di Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). Australia akan kirim 2,5 juta vaksin AstraZeneca ke Indonesia.

Bantuan negara tetangga untuk Indonesia dalam menghadapi melonjaknya penularan Covid-19 segera tiba. Australia mengatakan akan mengirim obat-obatan, alat kesehatan, hingga 2,5 juta dosis vaksin AstraZeneca.

Bantuan vaksin ini merupakan komitmen Negeri Kanguru kepada negara kawasan Indo-Pacific. Perdana Menteri Scott Morrison sebelumnya mengumumkan akan berbagi 20 juta dosis vaksin kepada wilayah ini.

“Sebanyak 2,5 juta akan dibagikan kepada Indonesia untuk mendukung program vaksinasi nasional,” kata Menlu Australia Marisa Payne dalam keterangan resmi Kemenlu Australia, Rabu (7/7).

 Selain vaksin, bantuan akan meliputi 1.000 ventilator, 700 konsentrator oksigen, lebih dari 170 tabung oksigen, 40 ribu alat tes antigen, serta peralatan lainnya. Payne juga telah menyampaikan rencana tersebut dengan Menlu Retno Marsudi.

“Dukungan ini akan membantu memperluas kapasitas tes, menjaga layanan kesehatan, dan membantu fasilitas kesehatan dalam merespons kenaikan kasus,” kata Payne.

Australia juga menyediakan US$ 101,9 juta untuk program vaksinasi nasional di RI. Mereka juga akan mendukung upaya penyediaan vaksin lewat skema COVAX.

“Indonesia juga akan mendapat manfaat kontribusi sebesar US$ 100 juta untuk Quad Vaccine Partnership yang mendukung pengiriman vaksin di Asia Tenggara,” kata Payne.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...