Pasien Covid-19 Melonjak, Luhut Perintahkan Kebut Pasokan Oksigen

Rizky Alika
8 Juli 2021, 16:24
luhut, covid, oksigen, corona
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.
Sejumlah petugas menurunkan tabung berisi oksigen di Posko Darurat Oxygen Rescue, kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Senin (5/7/2021). Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan dalam rapat hari Kamis (8/7) memerintahkan para menteri dan perusahaan mempercepat pasokan oksigen ke pasien Covid-19.

Ledakan kasus Covid-19 menyebabkan kebutuhan oksigen medis meningkat. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan  meminta pengadaan dan penambahan kapasitas oksigen untuk pasien dipercepat.

Hal tersebut disampaikan Luhut saat menggelar rapat koordinasi penyediaan suplai oksigen untuk covid-19 secara virtual setingkat menteri dan lembaga terkait pada Kamis (8/7).  Dalam rapat tersebut hadir Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, hingga Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Herbuwono.

Dalam kesempatan itu, Luhut turut memaparkan jumlah pasien Covid-19 dan estimasi kebutuhan oksigen selama pemberlakukan PPKM Darurat. Untuk itu, ia meminta para pemangku kepantingan untuk tanggap dan bekerja lebih cepat demi keselamatan masyarakat.

“Kita bermain dengan waktu, harus bekerja cepat,“ kata Luhut seperti dikutip dari keterangan pers, Kamis (8/7).

Meski demikian, Luhut juga meminta agar pengadaan dan penambahan jumlah oksigen untuk pasien Covid-19 tetap taat hukum. "Jangan sampai pengadaannya bermasalah di masa depan, walaupun ada diskresi yang diberikan pada masa darurat ini," katanya.

Ia juga telah membuat skenario penangan Covid-19 selama PPKM Darurat Jawa-Bali. Selain itu Pemerintah akan mengevaluasi implementasi aturan yang sedang berjalan tersebut agar efektif.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...