Corona Makin Ganas, RI Butuh Pasokan 1.700 Ton Oksigen per Hari

Rizky Alika
8 Juli 2021, 21:06
oksigen, covid, corona
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Antrean terjadi di salah satu gerai isi ulang oksigen medis di wilayah Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis, (25/6/2021). Pemerintah memerlukan pasokan 1,700 ton oksigen per hari untuk digunakan pasin Covid-19.

Ledakan kasus Covid-19 menyebabkan kebutuhan oksigen medis meningkat. Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi mengatakan, kebutuhan pasokan oksigen akan mencapai lebih dari 1.000 ton per hari.

Selain itu, Indonesia juga memerlukan 4.700 konsentrator oksigen untuk memenuhi kebutuhan tersebut.  Bahkan Koordinator PPKM darurat Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan telah meminta Kementerian Perindustrian untuk meningkatkan ketersediaan oksigen, isotank, dan tabung oksigen.

"Dengan penambahan kasus yang tinggi maka supply oksigen yang dibutuhkan terus meningkat sampai 1.700 ton oksigen per hari di tanggal 20 Juli 2021," kata Dedy dalam konferensi pers virtual, Kamis (8/7).

Kemenperin juga telah menyiapkan 3 kapal untuk memastikan ketersediaan liquid oksigen yang dapat dipenuhi melalui impor. Mereka juga akan mendatangkan 7.100 unit konsentrator oksigen dan 7 unit generator oksigen.

Tak hanya itu, kemudahan aturan juga akan disiapkan demi menjaga kelancaran paksokan oksigen. "Harus sesuai acuan harga yang ditetpakan. Tidak ada korupsi. Hukuman menanti bagi yang melanggar hukum," kata Dedy.

Sebagai informasi, pada 1 Juli 2021 sudah ada peningkatan kebutuhan tabung oksigen harian sebanyak 306,6 ribu ton atau meningkat sekitar 48% dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Kelangkaan terjadi karena kebutuhan yang tinggi tidak diimbangi dengan jumlah produksi.

Saat ini produksi oksigen di Indonesia selama satu tahun hanya 639,9 ribu ton atau 74% dari kapasitas maksimal. Pulau Jawa dan Bali menjadi daerah yang banyak membutuhkan tabung oksigen karena jumlah kasusnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lain.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...