Kalbe Uji Vaksin Asal Korsel, Berpotensi Ampuh Lawan Varian Covid-19

Rizky Alika
9 Juli 2021, 15:53
vaksin, covid, kalbe
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/rwa.
Ilustrasi vaksinasi di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/5/2021). Kalbe Farma memulai uji klinis vaksin GX-19N buatan Korea Selatan pada bulan ini.

PT Kalbe Farma Tbk bersama dengan Genexine, perusahaan Korea Selatan akan melakukan uji klinik vaksin virus corona COVID-19 GX-19N. Ketua Tim Peneliti Uji Klinik Vaksin GX-19N Iris Rengganis mengatakan, vaksin tersebut berpotensi melawan Covid-19 varian baru.

Sebagaimana diketahu, vaksin GX-19N merupakan vaksin berbasis DNA yang mencetak lebih banyak kode antigen virus. Vaksin ini bisa menghasilkan antibodi humoral yang merangsang imunitas seluler (sel T) sehingga bisa memberikan perlindungan yang lebih lama dalam tubuh terhadap Covid-19.

"Vaksin GX-19N diharapkan dapat memberikan perlindungan terhadap varian baru Covid-19," kata Iris dalam konferensi pers, Jumat (9/7).

 Selain menangkal mutasi baru, vaksin GX-19N berpotensi diberikan kepada masyarakat yang memiliki gangguan sistem imun. Ini lantaran vaksin tersebut  tidak mengandung adjuvant atau zat tambahan yang meningkatkan imunogenisitas.

Saat ini, vaksin tengah melalui proses uji klinik di Korea Selatan maupun Indonesia. Berdasarkan data tahap I dan IIA di Korea, vaksin itu menunjukkan hasil yang aman dengan efek samping yang ringan dan sementara.

Selanjutnya, uji klinik fase IIB dilanjutkan di Korsel maupun Indonesia. Di Negeri Ginseng, uji klinik dilakukan secara global dengan melibatkan 30.148 subjek.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...