Varian Covid Delta Plus Menyebar, Ini Saran Kemenkes Kepada Masyarakat

Rizky Alika
30 Juli 2021, 05:30
covid, delta plus, corona
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas melakukan tes usap kepada masyarakat yang hendak menerima suntikan vaksin Covid-19 yang digelar dari pintu ke pintu (door to door) di Cijantung, Pasar Rebo, Jakarat Timur, Rabu (14/7/2021). Kemenkes meminta masyarakat menjaga protokol kesehatan dan segera menerima vaksin demi mencegah penularan Covid-19 varian Delta Plus.

Indonesia telah menemukan 3 kasus Covid-19 varian Delta Plus transmisi lokal yang menyebar di tengah masyarakat. Oleh sebab itu Kementerian kesehatan meminta masyarakat lebih rajin menjaga protokol kesehatan serta segera ikut dalam program vaksinasi.

Bukan tanpa sebab, varian tersebut masih sama dengan mutasi sebelumnya. Oleh sebab itu penanganan yang perlu dilakukan di tengah masyarakat tak jauh berbeda.

Advertisement

"Ini masih varian Delta, jadi masih sama," kata Direktur Pencegahan dan Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi kepada Katadata.co.id, Kamis (29/7).

Siti sebelumnya mengatakan, sudah ada 3 varian delta plus yang ditemukan di Indonesia. Namun ketiga kasus tersebut merupakan transmisi lokal dan sudah sembuh dari Covid-19.

"Hanya 3 kasus. 2 di Jambi dan 1 di Sulawesi Barat," ujar dia.  Ia pun mengatakan pemerintah akan memperketat penerapan protokol kesehatan serta melakukan deteksi dini untuk mencegah perluasan varian Delta Plus.

Sedangkan epidemiolog dari University of Griffith University Dicky Budiman pun memperkirakan, varian delta plus itu sudah menyebar di masyarakat. Menurutnya, kondisi itu terjadi lantaran surveilans masih bersifat terbatas sehingga kasus yang ditemukan masih minim.

Untuk itu, ia menyarankan pemerintah untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik. Selain itu, upaya pengetesan, penelusuran, dan perawatan kasus perlu ditingkatkan.

Kemudian, vaksinasi harus dilakukan secara merata di setiap wilayah. "Lakukan dengan benar, testingnya, lalu tracing 80% dari kasus kontak diidentifikasi, isolasi karantina harus 14 hari," ujar Dicky, Kamis (29/7).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement