Berakhir Hari Ini, PPKM Level 4 Akan Diperpanjang dan Dilonggarkan?

Ameidyo Daud Nasution
2 Agustus 2021, 11:01
PPKM, covid, virus corona
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.
Anggota Satpol PP Kota Bogor menghukum warga yang tidak memakai masker saat razia penegakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di jalan Bogor Nirwana Residence (BNR), Mulyaharja, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (15/2/2021). Pemerintah akan memutuskan status PPKM Level 4 pada Senin (2/8).

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akan berakhir pada Senin (2/8). Pemerintah akan mengumumkan status perpanjangan pembatasan tersebut pada hari ini.

Rapat dikabarkan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo pagi ini. Sedangkan Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Alexander K. Ginting mengatakan pelonggaran dan perpanjangan pembatasan sedang dikaji berdasarkan data penularan sepakan belakangan.

Advertisement

“Prinsipnya pengendalian lanjut, vaksinasi ditingkatkan, dan penelusuran kontak harus sesuai target,” kata Alexander kepada Katadata.co.id, Senin (2/8).

Dari data pemerintah, penurunan kasus terus terjadi di Pulau Jawa selama sepekan belakangan. Lonjakan kasus di DKI Jakarta tercatat hanya 2.701 orang pada Minggu (1/8), turun dari 5.3093 dari Minggu (25/7).

Begitu pula kenaikan kasus di Jawa Barat yang turun dari 5.302 pada Minggu (25/7) menjadi 2.769 sepekan kemudian. Tren penurunan kasus juga terlihat di Jawa Tengah dari 5.265 pasien baru pada Minggu pekan lalu menjadi 4.234 kemarin. Begitu pula tambahan kasus di Jawa Timur yang menurun dari 4.763 kasus akhir pekan lalu menjadi 3.671 kasus baru kemarin.

Namun lonjakan kasus terus terjadi di Luar Jawa. Angka pasien baru Covid-19 di Kalimantan Timur terus merangkak dari 1.693 kasus menjadi 1.716 kemarin. Begitu pula kasus di Sumatera Utara yang meningkat dari 1.031 orang akhir pekan lalu menjadi  1.179 orang pada Minggu kemarin.

Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman mengatakan dari kacamata epidemiologi, PPKM tetap harus dilanjutkan karena angka rasio positif Covid-19 masih tinggi. Ia khawatir jika pembatasan dilonggarkan maka kasus penularan dan kematian akan meningkat lagi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement