Data Diperbaiki, Luhut: Tren Angka Kematian Pasien Covid Akan Naik

Ameidyo Daud Nasution
23 Agustus 2021, 21:06
kematian, covid-19, luhut
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas menggunakan protokol lengkap menyelesaikan proses pemakaman korban Covid-19 TPU Rorotan, Jakarta Utara, Jumat, (16/7/2021).

Pemerintah telah memutuskan status perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 sampai 4 pada Senin (23/8). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan data indikator kematian pasien Covid-19 telah dimasukkan kembali dalam perpanjangan PPKM.

Ini setelah data tersebut diperbaiki dan kasus yang sebelumnya belum tercatat telah dilaporkan. Luhut juga mengingatkan dalam beberapa hari ke depan, tren angka kematian pasien dan konfirmasi positif akan meningkat karena perbaikan ini.

"Akibat tabungan kasus konfirmasi dan kematian yang dikeluarkan kabupaten dan kota," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (23/8).

Presiden Joko Widodo juga telah memerintahkan Luhut memeriksa dan menangani tingginya angka kematian pasien di daerah. Mantan Menko Polhukam itu menduga salah satu penyebab tingginya kasus pasien meninggal karena mereka tak mau menjalani isolasi terpusat.

"Sehingga mengalami perburukan saat menjalani isolasi mandiri yang menyebabkan telah dibawa ke fasilitas kesehatan," katanya.

Oleh sebab itu Luhut meminta masyarakat yang positif corona bisa masuk fasilitas isolasi terpusat. Dalam isoter, mereka bisa mendapatkan pengobatan, makanan, hingga dibantu tenaga medis.

"Positif Covid-19 bukan aib, mari cegah sedari dini supaya terhindar dari pandemi," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...