Kemenkes Akan Perbaiki Akses dan Jaga Data Aplikasi Peduli Lindungi

Ameidyo Daud Nasution
31 Agustus 2021, 14:00
peduli lindungi, covid-19, kemenkes
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.
Petugas bandara menunjukan aplikasi PeduliLindungi yang ada di telepon genggamnya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (2/8/2021). PT Angkasa Pura II selaku pengelola sejumlah bandara di Indonesia mewajibkan calon penumpang pesawat yang akan terbang memiliki aplikasi PeduliLindungi, hal tersebut untuk mendukung penerapan Surat Edaran Menteri Kesehatan tentang Digitalisasi dokumen kesehatan bagi pengguna transportasi udara yang terintegrasi dengan aplikasi tersebut. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/

Pemerintah akan memperbaiki kemudahan aplikasi Peduli Lindungi yang merupakan platform tunggal penanggulangan pandemi Covid-19. Aplikasi ini memuat data penting seperti status vaksinasi, tes Covid-19, riwayat perjalanan transportasi serta kunjungan di berbagai tempat.

Hal ini disampaikan Kepala pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan, Anas Ma'ruf merespons pertanyaan sejumlah awak media soal sulitnya aplikasi PeduliLindungi yang masih sulit diakses masyarakat. Apalagi aplikasi ini akan digunakan di hampir semua fasilitas publik.

Advertisement

"Aksesibilitas aplikasi ini akan ditingkatkan dan dikembangkan mulai dari fitur-fiturnya, infrastruktur dan performance sehingga aksesibilitas untuk masyarakat semakin mudah." kata Anas dalam konferensi pers virtual, Selasa (31/8).

Anas juga meminta seluruh masyarakat untuk mengunduh Pedulilindungi dan memanfaatkan fitur eHAC yang ada. Hal ini lantaran aplikasi tersebut diperlukan untuk banyak aktivitas.

Guna mengantisipasi kebocoran data, pengamanan data eHAC yang terdapat dalam aplikasi Pedulilindungi telah didukung oleh server serta infrastruktur yang terdapat pada pusat data nasional. Perlindungan data ini juga dijaga oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) maupun Badan Siber Sandi Negara (BSSN).

"Ini satu paket dengan seluruh data informasi terkait pengendalian Covid-19, maka seluruh sistemnya akan dipindahkan dalam pusat data nasional," ujar Anas.

Menanggapi isu kebocoran data, Anas mengatakan pihaknya telah melakukan beberapa upaya mitigasi. Selain menggandeng BSSN, Kemenkes juga menerapkan Standar Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) serta juga melakukan tes secara rutin terkait keamanan dan informasi yang ada.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement