Rasio Positif 4,5% di Bawah Acuan WHO, Kasus Covid-19 RI Tambah 7.201

Ameidyo Daud Nasution
7 September 2021, 17:59
Covid-19, rasio positif, tes, corona
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Tenaga kesehatan puskesmas Kecamatan Menteng melakukan tes usap antigen dan PCR gratis kepada petugas PPSU dalam pelaksaan Program Seruling di RPTRA Amir Hamzah, Menteng, Jakarta, Selasa (7/9/2021). Program yang dinamakan Seruling (Swab Seru Keliling) itu dilaksanakan setiap Selasa, Kamis, dan Jumat di lokasi yang berbeda-beda yang bertujuan untuk memutus penularan COVID-19 dari orang tanpa gejala. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.

Kementerian Kesehatan melaporkan kasus positif Covid-19 bertambah 7.201 pada Kamis (2/9). Kenaikan jumlah pasien ini sekaligus mengakhiri tren penurunan sejak 30 Agustus lalu.

Sedangkan tambahan pasien baru saat ini didapatkan dari pemeriksaan terhadap 158.965 orang. Ini berarti rasio positif kasus corona sebesar 4,53% atau di bawah standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) yakni 5%.

Meski demikian, angka positivity rate hari ini bertambah menjadi 11,45% jika hanya menghitung pemeriksaan amplifikasi asam nukleat (NAAT) seperti PCR dan TCM. Sedangkan rasio positif dengan tes antigen sebesar 2%.

Dari sebaran wilayahnya, Provinsi Jawa Tengah menyumbang kasus terbanyak hari ini yakni 964 orang. Di bawahnya adalah Jawa Barat dengan tambahan 405pasien positif hari ini.

Sedangkan, angka kematian pasien corona di Indonesia juga bertambah 683 orang. Pasien meninggal terbanyak pada hari ini berasal dari Jawa Barat yakni 252 orang.

Selain itu, Pemerintah juga melaporkan sebanyak 14.159 orang  pulih dari corona hari ini. Jawa Barat juga melaporkan angka pasien pulih terbanyak yakni 2.849 orang. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...