Kasus Covid-19 RI Tambah 3.779, Rasio Positif Terendah Selama Pandemi

Tambahan kasus Covid-19 hari ini juga merupakan yang terendah selama empat bulan terakhir.
Ameidyo Daud Nasution
12 September 2021, 17:19
covid-19, corona, rasio positif
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/foc.
Petugas kesehatan melakukan tes usap PCR kepada pekerja di salah satu perusahaan di Jalan Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/6/2021). Tes usap dilakukan kepada pekerja asal Madura tersebut untuk menelusuri penyebaran COVID-19 menyusul meningkatnya kasus COVID-19 di Bangkalan, Madura.

Kementerian Kesehatan melaporkan kasus positif Covid-19 bertambah 3.779 orang pada Minggu (12/9). Angka kasus baru ini merupakan yang terendah sejak 16 Mei 2021 yakni 3.080 orang.

Tak hanya itu, Angka kematian pasien corona sebanyak 188 orang merupakan yang terendah sejak 13 Juni 2021 yakni 149 orang. Rasio positif sebesar 3,07% yang didapatkan hari ini juga merupakan yang terendah sejak awal pandemi.

Angka tes yang dilaporkan hari ini mencapai 124.016 orang. Meski rasio positif rendah, namun jika menghitung pemeriksaan amplifikasi asam nukleat (NAAT) seperti PCR dan TCM, maka angkanya bertambah jadi 8,2%.

Kasus positif terbanyak hari ini disumbang Provinsi Jawa Barat yakni 567 orang. Di bawahnya adalah Jawa Timur dengan tambahan 367 pasien positif hari ini.

Advertisement

Sedangkan penyumbang terbanyak angka kematian pasien corona pasien hari ini adalah Jawa Timur yakni 31 orang dan Bali yang melaporkan 17 orang meninggal dunia.

Selain itu, Pemerintah juga melaporkan sebanyak 9.401 orang pulih dari corona hari ini. Jawa Tengah melaporkan angka pasien pulih terbanyak yakni 2.004 orang.

Adapun kasus aktif Covid-19 RI hari ini menurun 5.810 menjadi 109.869 orang. Sedangkan 258.210 orang masih dinyatakan sebagai suspek corona.

Sedangkan pemerintah sedang mempersiapkan transisi dari pandemi Covid-19 menjadi epidemi. Ada lima hal yang akan disiapkan agar proses tersebut berjalan sesuai rencana sehingga penularan corona dapat ditekan.

Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengatakan poin pertama adalah menjaga protokol kesehatan terutama memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau 3M. Selain itu pembentukan posko hingga Satgas prokes di fasilitas umum perlu dilakukan.

"Ini harapan saya agar posisi (kasus) yang menurun menjadi transisi," kata Ganip dalam keterangan tertulis, Minggu (12/9) dikutip dari Antara.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait