Pelonggaran PPKM: Pusat Kebugaran dan Gerai Makanan Bioskop Boleh Buka

Rizky Alika
4 Oktober 2021, 16:32
ppkm, bioskop, gym
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.
Karyawan membersihkan kursi penonton saat hari pertama pembukaan kembali Cinepolis Cinemas di Plaza Renon, Denpasar, Bali, Jumat (17/9/2021). Bioskop di wilayah Bali kembali beroperasi dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19, membatasi kapasitas di dalam studio, tidak menjual makanan dan minuman, serta mewajibkan pengunjung menggunakan aplikasi PeduliLindungi. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.

Pemerintah melanjutkan pelonggaran aktivitas masyarakat selama perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dua pekan mendatang. Mereka mulai mengizinkan konter makanan dan minuman dalam bioskop beroperasi.

Sedangkan kapasitas bioskop tetap diberlakukan sebesar 50%. Meski demikian pembukaan gerai makanan ini hanya berlaku di kota dengan status PPKM level 3, 2, dan 1. 

"Counter makanan dan minuman di dalam bioskop diperbolehkan buka," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (10/4).

Luhut pun membuka kemungkinan perbaikan kebijakan tersebut seiring dengan perkembangan selanjutnya. Koordinator PPKM Jawa-Bali itu memastikan, perubahan kebijakan dilakukan secara bertahap. "Kita tidak ingin tiba-tiba sesuatu tak diinginkan terjadi," ujar dia.

Selain makan di bioskop, pemerintah juga mengizinkan pembukaan pusat kebugaran dengan kapasitas maksimal 25%. Pelonggaran dilakukan di  aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Solo Raya, Semarang Raya, Yogyakarta, dan Surabaya Raya dengan pemberlakuan protokol kesehatan ketat dan penapisan lewat Peduli Lindungi.

Pemerintah juga mengizinkan pembukaan kompetisi basket remaja Honda DBL di Jakarta dan Surabaya. Meski dilakukan pelonggaran, Luhut  meminta masyarakat untuk tidak euforia secara berlebihan.

"Kelengahan dapat mengakibatkan peningkatan kasus dalam beberapa minggu ke depan dan mengulangi pengetatan," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...