Angka Vaksinasi Covid-19 Indonesia Tembus 2 Juta Dosis Per Hari

Kemenkes juga akan mempercepat vaksinasi dengan membuka banyak sentra pemberian vaksin bersama elemen masyarakat
Ameidyo Daud Nasution
5 Oktober 2021, 21:22
vaksinasi, vaksin, covid-19, corona
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah siswa duduk mengantre untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 di SMKN 1 Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, (29/9/2021). Pemerintah menggencarkan program vaksinasi bagi pelajar untuk mendukung pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di sejumlah daerah.

Pemerintah terus menggenjot pemberian vaksin Covid-19 agar kekebalan kelompok segera terbentuk di tengah masyarakat. Bahkan, angka vaksinasi telah mencapai target dua juta dosis per hari.

Jumlah dua juta dosis ini berhasil dicapai pada 29 September 2021 lalu. Dari data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, pemerintah memberikan 2.049.125 vaksin pada tanggal tersebut.

Capaian itu tterdiri dari 1.291.850 dosis pertama dan 757.275 dosis vaksin kedua. Secara total, jumlah penduduk yang telah menerima suntikan pertama sebanyak 89.822.987 orang dan 50.412.993 telah mendapat dosis lengkap.

“Vaksinasi dosis pertama telah menjangkau sasaran 43,1% dan 24,2% untuk dosis kedua,” demikian keterangan tertulis Kementerian Kesehatan, Selasa (5/10).

Sedangkan dosis ketiga telah diberikan kepada 924.828 orang tenaga kesehatan. Kemenkes juga akan mempercepat vaksinasi dengan membuka banyak sentra pemberian vaksin bersama elemen masyarakat.

Mereka juga telah mengeluarkan Surat Edaran yang memerintahkan semua pos layanan vaksinasi, Unit Pelaksana Teknis, Rumah Sakit vertikal, serta Poltekkes untuk menggelar pemberian vaksin tanpa memandang domisili masyarakat.

“Sehingga semakin banyak masyarakat yang terlindungi,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes drg Widyawati.

Pemerintah juga akan menjaga pasokan vaksin lewat skema bilateral maupun multilateral. Widyawati lalu meminta masyarakat memanfaatkan kesempatan ini untuk menjalani vaksinasi agar terlindungi dari Covid-19.

Sedangkan Presiden Joko Widodo meminta vaksinasi di wilayah seperti Papua dan Papua Barat segera dipacu. Hal ini agar masyarakat provinsi tersebut bisa terhindar dari penularan corona.

“Saya ingin memastikan pemerataan vaksin itu ada dari Sabang sampai Merauke,” kata Jokowi, Minggu (3/10) dikutip dari Antara.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait