Menpora Akan Panggil Panitia PON Terkait Kasus Positif Covid-19 Atlet

Ameidyo Daud Nasution
6 Oktober 2021, 19:13
covid-19, pon, corona, papua
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Menpora Zainudin Amali (kedua kiri) bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/6/2021). Rapat tersebut membahas Rencana Kerja Pemerintah Kementerian/Lembaga (RKP K/L) dan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) tahun anggaran 2022.

Pemerintah akan memanggil panitia Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua usai temuan kasus positif Covid-19. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya lagi penularan corona di tengah para atlet dan ofisial.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan atlet yang positif corona telah menjalani isolasi. Sebelumnya 29 orang atlet dan ofisial dinyatakan positif Covid-19. 

Advertisement

“Saya akan kumpulkan panitia pengawasan dan pengarah bersama PB PON serta segenap elemen yang terlibat,” kata Zainudin dalam keterangan tertulis Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rabu (6/10).

Zainudin mengatakan kontak erat atlet yang terkonfirmasi Covid-19 sudah menjalankan tes PCR dengan hasil negatif. Langkah ini dilakukan untuk menelusuri asal penularan corona.

Selain itu protokol akan dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan PBN PON. Mereka yang baru tiba di Papua harus menjalani tes antigen dan menerima akomodasi sesuai cabang olahraga.

“Atlet pertandingan body contact seperti wushu atau gulat melakukan tes antigen sebelum bertanding,” kata Zainudin.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement