Pemerintah Waspadai Menanjaknya Kasus Covid-19 di 131 Daerah

Rizky Alika
1 November 2021, 13:34
covid-19, corona, daerah
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Sejumlah tenaga kesehatan dan pasien COVID-19 mengikuti Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Penularan kasus Covid-19 di Indonesia mengalami tren perbaikan usai puncaknya pada Juli lalu. Namun, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menemukan adanya kenaikan kasus corona di ratusan kabupaten/kota dalam beberapa waktu terakhir.

Meski begitu, pemerintah juga menemukan ada beberapa kabupaten/kota yang mengalami penurunan kasus. Namun, Muhadjir tidak memerinci wilayah mana saja yang mengalami kenaikan dan penurunan kasus.

"Ada sekitar 131 kabupaten/kota yang mengalami tren naik," kata Muhadjir dalam konferensi pers virtual, Senin (11/1).

Ia pun mengingatkan, seluruh pihak tetap harus waspada terhadap potensi penularan Covid-19 meskipun terjadi tren penurunan kasus secara keseluruhan. Pemerintah juga akan mengantisipasi kemungkinan lonjakan kasus pada Natal dan tahun baru.

"Langkah tersebut ditetapkan diperkuat dengan vaksinasi, protokol kesehatan, serta tracing, testing, dan treatment," ujar dia.

Berdasarkan data Google Mobilty, mobilitas penduduk di Indonesia mulai mengalami peningkatan pada supermarket, toko grosir makanan, pasar tradisional, hingga toko makanan khusus sebesar 27% dibandingkan dasar pengukuran. Kemudian, peningkatan mobilitas juga terjadi di restoran, kafe, pusat belanja, taman hiburan dan bioskop sebesar 6%.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...