Kasus Covid-19 Dunia Capai 250 Juta, Eropa Timur Cetak Rekor Infeksi

Rizky Alika
9 November 2021, 11:15
covid-19, eropa, eropa timur
ANTARA FOTO/REUTERS/Francois Lenoir/aww/cf
Francois Lenoir Pakaian perawat dan poster tulisan dipajang saat aksi simbolik oleh Serikat Layanan Publik Federasi Eropa (EPSU), mewakili tenaga layanan sosial dan kesehatan Eropa, menuntut pemimpin Uni Eropa untuk memberikan dana anggaran program kesehatan di Brussels, saat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) terus berlanjut, di Brussels, Belgia, Kamis (29/10/2020).

Penularan virus corona masih terus merebak di beberapa negara jelang akhir tahun. Bahkan, kasus global Covid-19 pun tercatat telah melampaui 250 juta pada Senin (8/11).

Peningkatan kasus terjadi pada beberapa negara di Eropa Timur yang mengalami rekor. Hal ini terjadi seiring dengan banyaknya negara yang membuka pariwisata dan perdagangan. 

Dikutip dari Reuters, jumlah rata-rata harian kasus memang turun 36% selama tiga bulan terakhir. Namun, virus masih menginfeksi 50 juta orang di seluruh dunia setiap 90 hari karena varian Delta yang sangat menular. Sebagai perbandingan, butuh hampir satu tahun untuk mencatat 50 juta pasien pertama.

Berdasarkan data John Hopkins per Selasa (9/11), tingkat kematian akibat Covid-19 seluruh dunia mencapai 5,05 juta orang. Amerika Serikat merupakan negara dengan peringkat kematian tertinggi akibat corona yakni sebanyak 755 ribu orang dengan jumlah kasus positif 46,6 juta.

Pakar kesehatan mengatakan banyak negara telah melupakan gelombang pandemi terburuk. Mereka juga memperingatkan cuaca yang lebih dingin dan pertemuan pada liburan yang akan datang bisa meningkatkan kasus.

"Antara sekarang dan akhir 2022 menjadi titik di mana kami bisa mengendalikan virus ini untuk mengurangi penyakit parah dan kematian," kata ahli epidemiologi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Maria Van Kerkhove kepada Reuters, dikutip Selasa (9/11).

Adapun, infeksi masih meningkat di 55 dari 240 negara. Rusia, Ukraina, dan Yunani tengah mendekati tingkat rekor kasus yang dilaporkan sejak pandemi dimulai dua tahun lalu.

Lebih dari setengah infeksi baru yang dilaporkan di dunia berasal dari negara-negara di Eropa. Bahkan, tambahan kasus mencapai satu juta orang setiap empat hari.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...