BMKG Perkirakan Seluruh Wilayah Indonesia Diguyur Hujan Deras Hari Ini

Ameidyo Daud Nasution
13 November 2021, 09:21
bmkg, hujan, cuaca
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.
Pengendara motor berkendara di tengah hujan deras yang mengguyur Kota Tangerang di Jalan Ciledug Raya, Larangan, Tangerang, Banten, Rabu (27/10/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tangerang mengimbau masyarakat untuk waspada menghadapi fenomena La Nina menjelang akhir tahun hingga awal tahun 2022 yang berpotensi memicu bencana terlebih mulai masuknya musim penghujan.

Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat pada Sabtu (13/11). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga memperkirakan akan terjadi gelombang setinggi 1,2 sampai 2,5 meter di beberapa perairan.

Dikutip dari Antara,  hujan deras berpotensi terjadi di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan seluruh Kalimantan.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Sedangkan DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, serta Sulawesi Selatan berpotensi hujan disertai kilat dan angin kencang.

BMKG juga memperkirakan gelombang laut setinggi 1,2 meter sampai 2,5 meter akan terjadi di Perairan Utara Sabang, Barat Lampung, Enggano-Bengkulu. Gelombang serupa juga akan terjadi di Sealatan Banten hingga Jawa Timur, Selatan Bali hingga Pulau Sumba, Laut Maluku bagian Utara, serta Utara Papua Barat hingga Papua.

Lembaga tersebut juga meminta masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir dan bekerja di bidang pelayaran memperhatikan peringatan gelombang tinggi.

Sedangkan hujan deras disertai angin dan kilat mengakibatkan sejumlah titik di Jakarta sempat digenangi banjir. Beberapa lokasi antara lain Jl. D.I. Panjaitan, Jl, Ahmad Yani, Pela Mampang, dan Kemang Utara.

Sedangkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan personel dan alat untuk antisipasi dampak hujan hari ini. Apalagi jelang sore, hujan sempat bertambah deras.

“Kami juga terus memberikan update informasi kondisi tinggi permukaan di setiap pintu air,” kata Pelaksana tigas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Sabdo Kurnianto di Jakarta, Jumat (12/11).

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...