8 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba, Pemerintah Kebut Vaksinasi Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
13 November 2021, 15:31
vaksin, sinovac, covid-19
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/rwa.
Petugas medis menunjukkan vaksin Sinovac Biofarma sebelum disuntikkan pada seorang tenaga pengajar di Rumah Sakit Persada, Malang, Jawa Timur, Jumat (5/3/2021). Sebanyak 9.873 tenaga pengajar di Kota Malang mulai menjalani vaksinasi COVID-19 tahap kedua.

Indonesia kembali menerima kedatangan delapan juta vaksin Covid-19 merek Sinovac. Kedatangan ini dibagi dua yakni empat juta dosis pada Jumat (13/11) dan sisanya pada Sabtu (14/11).

Tambahan vaksin bentuk jadi dari Cina ini akan digunakan untuk mempercepat program vaksinasi Covid-19. Pemerintah juga telah menargetkan 123 juta orang telah menjalani vaksinasi hingga akhir tahun.

“Lancarnya kedatangan vaksin membuat percepatan dan perluasan program menjadi optimal,” kata Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan tertulis Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sabtu (14/11).

Nadia juga meminta masyarakat segera mendapatkan suntikan kekebalan Covid-19. Apalagi kasus corona di beberapa negara seperti Rusia terus menunjukkan kenaikan. “Belajar dari situ, kita harus disiplin protokol kesehatan dan lakukan vaksinasi,” katanya.

Dia lalu meminta pemerintah daerah lebih aktif memantau parameter penanganan pandemi secara berkala. Beberapa di antaranya adalah bed occupancy ratio (BOR), kasus aktif, dan positivity rate alias rasio positif.

Selain itu daerah juga harus memperkuat vaksinasi, 3T  (tes, penelusuran, perawatan), serta memastikan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di setiap tempat publik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...