Cegah Omicron Masuk, Luhut Wanti-wanti Masyarakat Tidak ke Luar Negeri

Rizky Alika
13 Desember 2021, 17:18
luhut, omicron, covid-19
Katadata
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Pemerintah terus mengantisipasi penularan Covid-19 varian Omicron ke Indonesia. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat agar tidak ke luar negeri, kecuali ada keperluan yang sangat penting.

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali itu tidak ingin varian baru corona masuk ke Tanah Air akibat adanya pihak yang tidak disiplin. Ia juga meminta tidak ada upaya melarikan diri dari karantina.

"Jangan bawa penyakit ke dalam negeri. Kami tidak ingin Omicron dibawa masuk oleh yang berlibur keluar," kata Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (13/12).

Sebaliknya, masyarakat dianjurkan untuk berlibur di dalam negeri hingga kondisi global sudah lebih baik dari virus Omicron. Pemerintah pun telah meminta hotel untuk tetap membuka layanan.

Meski gejala varian Omicron termasuk dalam kategori ringan, namun, masih banyak data terkait varian ini yang belum diketahui. "Jadi jangan buru-buru senang," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi juga memohon agar masyarakat tidak pelesiran ke luar negeri. Apalagi saat ini sudah ada 70 negara yang mendeteksi varian baru itu.

"Pemerintah meminta dengan sangat, bagi WNI yang tidak memiliki kepentingan yang mendesak agar tak melakukan perjalanan," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...