Picu Kekhawatiran Dunia, Apa Saja Fakta Omicron yang Sudah Terkuak?

Image title
Oleh Maesaroh
12 Desember 2021, 17:47
Omicron, covid-19, pandemi, coronavirus
ANTARA FOTO/REUTERS/Remo Casilli/HP/sa.
Petugas polisi memeriksa kartu kesehatan penyakit virus corona (COVID-19) masyarakat yang dikenal sebagai Green Pass, di stasiun kereta bawah tanah pada hari pemerintah membatasi akses yang tidak divaksinasi ke tempat-tempat dalam ruangan, di Roma, Italia, Senin (6/12/2021).

Omicron ditetapkan sebagai variant of concern (VOC) oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO pada Jumat (26/11). Setelah dua pekan ditetapkan sebagai variant of concern, seberapa bahaya varian baru Covid-19 tersebut masih menjadi tanda tanya.

Sampel pertama varian Omicron ditemukan pada 9 November 2021 dan dilaporkan ke WHO pada 27 November.

Dilansir dari Bloomberg, sejauh ini, perkembangan Omicron di Afrika menunjukan dua fakta. Varian Omicron menyebar lebih cepat dari varian sebelumnya namun belum menunjukan efek yang lebih berbahaya.

Studi juga menunjukan bahwa Omicron bisa menginfekasi mereka yang pernah dinyatakan positif Covid-19.

 Mengingat baru tersebar sekitar dua pekan maka data penunjang untuk memastikan tingkat bahaya dari varian Omicron belum memadai.

Minimnya data perkembangana dibalik Omicron inilah yang membuat dunia masih bertanya-tanya.

Di Inggris, jumlah kasus Omicron naik berkali lipat dalam beberapa hari terkahir tapi pembuat kebijakan masih meraba-raba apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi dampak lanjutannya.

Pada Sabtu (11/12), Inggris melaporkan tambahan kasus Omicron sebanyak 633 sehingga total kasus varian tersebut mencapai 1.898.

Belum diketahui bagaimana varian ini akan berkembang serta apakah varian ini akan menyebabkan dampak lebih mematikan di negara-negara dengan banyak populasi tua seperti Eropa.

Michael Osterholm, Direktur Pusat Peneletian dan Kebijakan untuk Penyakit Menular dan Kebijakan University of Minnesota mengatakan varian ini tidaklah semematikan varian sebelumnya.

"Tantangan berikutnya adalah apa yang akan kita lihat dan coba buktikan pada dua pekan mendatang. baru kemudian kita bisa mencari tahu apa yang akan terjadi pada pandemi selanjutnya," tuturnya, seperti dilansir Bloomberg.

 Dilandir dari Bloomberg, berikut sejumlah fakta dan pertanyaan dibalik Omicron yang baru diketahui dalam dua pekan perkembangannya.

1. Seberapa cepat Omicron menyebar?

Di wilayah Gauteng, episentrum dari Omicron di Afrika Selatan, kemampuan penyebaran virus melebihi tiga orang. Artinya, setiap orang yang sudah teriinfeksi Omicron bisa menularkan kepada tiga orang lainnya.

Namun, studi di Jepang memperlihatkan Omicron bisa menyebar 4,2 kali lebih cepat Delta.

Peneliti Inggris juga mengatakan Omicron lebih cepat menular daripada Delta. Varian tersebut diperkirakan akan mendominasi jumlah penyebab Covid-19 di Inggris hingga Desember.

 2. Seberapa parah menginfeksi?
Dengan penyebaran baru berjalan dua pekan maka terlalu dini untuk menyimpulkan seberapa parah infeksi Omicron.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...