Survei KedaiKOPI: Prabowo - Ganjar Capres Terkuat 2024

Anies Baswedan berada pada posisi ketiga sebagai survei tersebut. Masih ada responden yang ingin Joko Widodo kembali memimpin Indonesia
Ameidyo Daud Nasution
19 Desember 2021, 14:12
survei, prabowo, ganjar
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/NZ.
Menhan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). Rapat tersebut beragendakan pembahasan anggaran dan rencana pembelian alat utama sistem persenjataan atau alutsista yang menelan anggaran hingga Rp1.750 triliun.

Lembaga survei KedaiKOPI merilis hasil survei opini publik menuju tahun politik 2024 mendatang. Dari hasil survei mereka, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersaing sebagai sosok yang paling diinginkan responden sebagai calon Presiden RI.

Dalam survei terbuka, Prabowo mendapatkan elektabilitas 23,9%. Di bawahnya adalah Ganjar yang dipilih 16,4 responden dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan keterpilihan 12,5%.

 Meski demikian, masih ada 8,6% yang menginginkan Presiden Joko Widodo kembali memimpin RI tahun 2024 mendatang. Adapun nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terpaut tipis di posisi empat dan lima yakni 3,6% serta 3,3%.

Nama Prabowo dan Ganjar juga berkejaran dalam survei tertutup. Prabowo memimpin elektabilitas dalam survei tertutup tanpa probing atau rangkaian pertanyaan yakni sebesar 24,3%. Adapun Ganjar mendapatkan elektabilitas tertinggi yakni 26,4% dalam survei tertutup dengan probing.

Advertisement

Survei juga mengukur elektabilitas sejumlah nama sebagai calon Wakil Presiden RI. Dalam survei terbuka, nama Sandiaga dipilih terbanyak oleh responden yakni 17,9%.

Ia berada di atas Anies yang mendapatkan suara 12,3% responden dan Ganjar yakni 8,5%. Namun, posisi Sandi tergeser oleh mantan atasannya di Jakarta dalam survei tertutup.

Survei tersebut juga menyimulasikan kontestasi Pemilihan Presiden berdasarkan tiga calon. Nama Ganjar mendapatkan suara terbanyak yakni 50,4% jika bersaing dengan Anies serta Puan Maharani.

MENYALAKAN KEMBALI API ABADI MRAPEN
MENYALAKAN KEMBALI API ABADI MRAPEN (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/rwa.)

 

Namun, keunggulan Ganjar terkikis jika nama Puan digantikan oleh Prabowo. Politisi PDI Perjuangan itu hanya mampu unggul dengan Raihan suara 39,5% melawan Prabowo sebesar 31,7%, dan Anies yang mendapatkan 28,8% suara responden.

Simulasi juga dibuat berdasarkan pasangan Capres serta Cawapres. Dari hasil penjaringan opini, nama Sandiaga paling banyak dipilih responden untuk mendampingi Ganjar, Anies, maupun Prabowo.

Dalam simulasi berpasangan dengan Ganjar, Sandi dipilih oleh 47,5% responden, jauh di atas nama Erick Thohir yang mendapatkan 17,5% suara. Sedangkan suara responden bertambah jadi 67% jika ia kembali berpasangan dengan Prabowo.

Angka tertinggi muncul jika mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu dipasangkan dengan Anies. Sebanyak 70,9% responden mengatakan jika Anies menjadi Capres, maka Sandi diharapkan menjadi Cawapresnya.

Adapun survei dilakukan kepada 1.200 responden pada tanggal 16 sampai 24 November 2021. Penjaringan opini menggunakan metode face to face interview dengan tingkat toleransi kesalahan 2,83%.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait