Hasil Survei Sejak Mei: Prabowo, Anies, dan Ganjar Capres Terpopuler

Ameidyo Daud Nasution
4 Agustus 2021, 15:27
prabowo, anies, ganjar, survei, capres
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/NZ.
Menhan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). Survei yang dilakukans ejumlah lembaga sejak Mei hingga awal Agustus 2021 menunjukkan Prabowo, ANies Baswedan, dan Ganjar Pranowo menjadi nama capres terpopuler.

Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih bercokol di posisi tiga besar calon presiden yang menjadi favorit masyarakat. Hal tersebut terlihat dalam sejumlah survei yang dilakukan beberapa lembaga sejak Mei hingga awal Agustus 2021.

Salah satunya Institute of Democracy and Strategic Affairs pada 3 Agustus lalu. Dilansir dari Antara, survei Indostrategic menyebutkan elektabilitas Prabowo Subianto berada pada angka 17,5%. Namun Ketua Umum Partai Gerindra tersebut dibuntuti ketat Anies dengan keterpilihan 17%.

Sedangkan Ganjar terpaut jauh di posisi tiga dengan angka 8%. Di bawah Ganjar adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang dipilih 7% responden.

Di bawahnya adalah Sandiaga Uno dengan 6,8% responden, Agus Harimurti Yudhoyono sebanyak 6,4%, Tri Rismaharini sebanyak 4,1% responden, Gatot Nurmantyo dan Khofifah yang sama-sama dipilih 1,8% orang, serta Eric Thohir dengan keterpilihan 1%.

Sedangkan dalam survei yang dilakukan LSI Denny JA Juni lalu menempatkan Prabowo di posisi pertama dengan elektabilitas 23,5%. Sedangkan Ganjar dan Anies saling menempel di bawahnya dengan angka 15,5% dan 13,8%.

Masih di bulan Juni, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) juga menjaring opini masyarakat. Hasilnya, mantan Danjen Kopassus itu juga bertengger di angka 21,5%, diikuti Ganjar yang dipilih 12,6% responden dan Anies yakni 12%.

Sedangkan survei Y-Publica pada Mei 2021 menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo untuk kandidat capres paling tinggi yakni 20,2%. Sementara elektabilitas Prabowo sebesar 16,7% dibayangi oleh Ridwan Kamil sebesar 15,9%.  



Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...