Pemerintah Akan Lockdown Mikro kalau Omicron Menyebar di Masyarakat

Rizky Alika
27 Desember 2021, 11:46
lockdown, omicron, luhut
Katadata
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia semakin bertambah. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan menerapkan lockdown berskala mikro apabila Omicron menyebar di masyarakat.

Lockdown skala kecil pernah dilakukan Rumah Sakit Wisma Atlet usai menemukan kasus pertama Omicron. RS tersebut memberlakukan isolasi ketat selama sepekan.

"Langkah lockdown di level mikro seperti dilakukan di Wisma Atlet dapat kami implementasikan seandainya terjadi transmisi lokal varian Omicron," kata Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (27/12).

Menurutnya, peningkatan tes dan penelusuran kasus Covid-19 akan membantu identifikasi penularan yang terjadi dengan cepat. Kemudian, isolasi juga penting dilakukan agar varian Omicron tidak menyebar secara luas.

Namun, ia mengakui sistem karantina masih memiliki kekurangan. Sebab, ada satu orang yang lolos dari pusat karantina terpusat karena pergi dengan keluarga. "Kita harapkan tidak terjadi lagi," ujar dia.

Ia mengatakan dispensasi karantina hanya diberikan apabila ada alasan yang kuat. Sebagai contoh, dispensasi karantina bisa diberikan apabila ada alasan kesehatan dan lainnya.

Luhut berjanji, pemerintah akan memperketat pemberian dispensasi karantina tersebut. "Kami akan berikan yang terbaik buat Republik ini," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...