Breaking News: RI Umumkan Kasus Penularan Lokal Omicron Pertama

Ameidyo Daud Nasution
28 Desember 2021, 11:27
omicron, covid-19, virus corona
Pixabay
Ilustrasi varian Covid-19

Pemerintah resmi mengumumkan adanya penularan atau transmisi lokal Covid-19 varian Omicron di Indonesia. Pasien tersebut merupakan pria 37 tahun dan tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri.

Pasien tersebut berasal dari Medan dan tiba di Jakarta pada 6 Desember. Pada 17 Desember ia mengunjungi salah satu restoran di SCBD, Jakarta Selatan dan menjalani rapid tes antigen pada 19 Desember. Hasilnya menunjukkan positif Covid-19.

"Tanggal 20 Desember menjalani PCR dan terkonfirmasi positif. Kemudian pada 26 Desember hasil laboratorium keluar dengan hasil Omicron," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr Siti Nadia Tarmizi saat konferensi pers virtual, Selasa (28/12).

Dengan tambahan ini maka total kasus Omicron RI bertambah jadi 47 kasus.  Sebelumnya Kemenkes melaporkan tambahan positif Covid-19 varian Omicron sebanyak 27 kasus pada Minggu ini (26/12). Sebagian besar tambahan 27 kasus baru tersebut berasal dari para pelaku perjalanan internasional.

Temuan didapatkan dari hasil pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) yang dilakukan Badan Litbangkes  dan dirilis pada 25 Desember 2021. Sebanyak 26 kasus tambahan merupakan imported case. Kasus tersebut berasal dari 25 warga negara Indonesia (WNI) yang baru pulang dari Malaysia, Kenya, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Mesir, Malawi, Spanyol, Inggris, dan Turki.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan menerapkan lockdown berskala mikro apabila Omicron menyebar di masyarakat. Lockdown skala kecil pernah dilakukan Rumah Sakit Wisma Atlet usai menemukan kasus pertama Omicron. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...