Terbitkan Surat, Menkes Minta Daerah Kebut Pelacakan Kasus Omicron

Ameidyo Daud Nasution
5 Januari 2022, 11:28
omicron, virus corona, daerah
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah calon penumpang melakukan tes swab sebelum keberangkatan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Selasa (21/12/2021). Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni mengatakan, jumlah penumpang bus alami kenaikan hingga 10 persen pada menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Kasus Omicron di Indonesia terus bertambah menjadi 254 orang. Kementerian Kesehatan pun menetapkan protokol baru sebagai acuan daerah mengendalikan varian Covid-19 tersebut.

Hal itu diatur dalam Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/1391/2021 yang diteken Menkes Budi Gunadi Sadikin 30 Desember 2021 lalu. Dalam aturan tersebut, Menkes meminta daerah dapat melacak kontak dari kasus konfirmasi dan probable Omicron dalam waktu 1x24 jam.

Setelah ditemukan, tiap kontak erat wajib melakukan karantina 100 hari di fasilitas terpusat dan menjalani tes asam nukleat (NAAT) seperti PCR. Jika hasilnya positif, maka kontak erat tersebut akan melakukan metode S Gene Target Failure (SGTF) di laboratorium.

“Secara paralel spesimen dikirim ke laboratorium Whole Genome Sequencing (WGS) terdekat,” bunyi poin ketiga surat tersebut seperti ditulis pada Rabu (5/1).

Kasus konfirmasi adalah mereka yang dinyatakan positif terkena Omicron sesuai hasil pemeriksaan sekuensing. Sedangkan probable adalah kasus Covid-19 dengan hasil SGTF atau uji deteksi Single Nucleotide Polymorphism (SNP) berbasis PCR mengarah ke varian tersebut.

Adapun kontak erat adalah mereka yang pernah berkontak dengan dua kriteria yang telah disebutkan itu. Pada kasus konfirmasi Omicron yang bergejala, maka kontak dihitung dua hari sebelum gejala timbul sampai14 hari setelah gejala timbul.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...