Thailand Tingkatkan Status Waspada Covid-19 ke Level 4 Akibat Omicron

Rizky Alika
7 Januari 2022, 11:04
omicron, thailanf, covid-19, corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha/hp/sa.
Kuil Wat Arun terlihat saat senja di tepi Sungai Chao Phraya di Bangkok, Thailand, Kamis (9/12/2021). Gambar diambil (9/12/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha/hp/sa.

Kasus Covid-19 varian Omicron tengah meningkat di berbagai negara. Thailand pun meningkatkan kewaspadaan menyusul peningkatan infeksi varian Omicron.

Status kewaspadaan diubah dari level tiga menjadi empat. Perubahan diikuti dengan kemungkinan pembatasan seperti menutup area berisiko tinggi dan membatasi perjalanan domestik atau pertemuan publik.

"Thailand telah memasuki gelombang infeksi baru, di mana kasus baru akan meningkat dengan cepat," kata Sekretaris Tetap Kementerian Kesehatan Thailand Kiattiphum Wongrajit seperti dikutip dari Reuters, Jumat (7/1).

Menurutnya, kewaspadaan level empat berarti menutup tempat-tempat berisiko tinggi. Sedangkan status tertinggi kewaspadaan berada pada level 5.

Langkah ini dilakukan di tengah peningkatan tajam dalam infeksi harian sejak awal tahun. Adapun, jiran Indonesia itu melaporkan 5.775 kasus baru pada hari Kamis, naik 48% pada hari sebelumnya dan hampir dua kali lipat jumlahnya pada 1 Januari.

Negara Gajah Putih itu telah memvaksinasi dua dosis sekitar 69,1% dari sekitar 72 juta orang masyarakat. Sementara, masyarakat yang mendapatkan booster hanya 10,9% dari total populasi.

Sementara, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan semua pihak untuk tak meremehkan varian Omicron meski sebagian besar gejala yang dihasilkan lebih ringan dari Delta. Infeksi Covid-19 varian Omicron tak boleh dikategorikan penyakit ringan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...