Omicron RI Melonjak Jadi 506 Kasus, 84 Merupakan Penularan Lokal

Ameidyo Daud Nasution
12 Januari 2022, 11:42
Omicron, covid-19, corona
Pixabay/Alexandra_Koch
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron

Penularan Omicron terus bertambah hingga hari ini. Kementerian Kesehatan mencatat pasien varian Covid-19 tersebut bertambah 92 menjadi 506 orang hingga Senin (10/1).

Selain itu dari total 506 kasus, sebanyak 84 merupakan transmisi lokal dan sisanya adalah Pelaku Perjalanan Luar Negeri. Kemenkes juga melaporkan adanya 1.384 probable Omicron yang didatapkan dari tes S Gene Target Failure (SGTF).

Advertisement

Tak hanya itu, penularan Omicron ini juga menyumbang kenaikan signifikan terhadap kasus harian Covid-19 nasional. “Kasus meningkat dari 454 menjadi 802, hampir dua kali lipat.” kata Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan tertulis, Rabu (12/1).

 Nadia lalu mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai gelombang Omicron. Apalagi karakteristik varian ini bisa menular dengan cepat. “Hasil WGS juga menunjukkan proporsi varian Omicron mulai mendominasi,” kata Nadia.

Meski demikian, mayoritas kasus positif tak menunjukkan gejala atau menunjukkan gejala ringan sehingga tak dirawat di rumah sakit. Oleh sebab itu, Kemenkes akan menggunakan telemedicine untuk pasien yang menjalani isolasi di rumah.

“Kami kerja sama dengan 17 platform untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan jasa pengiriman obat gratis bagi pasien Covid-19,” kata Nadia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement