Jokowi Lantik Gubernur Lemhanas Agus Widjojo Jadi Dubes RI di Filipina

Rizky Alika
12 Januari 2022, 12:02
dubes, jokowi, agus widjojo, filipina, selandia baru
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Gubernur Lemhanas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/11/2019). Rapat tersebut membahas rencana kerja Lemhannas tahun 2020 beserta dukungan anggarannya dan isu-isu aktual lainnya.

Presiden Joko Widodo melantik tiga duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (dubes LBBP) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/1). Salah satunya adalah Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Agus Widjojo yang diangkat sebagai Dubes LBBP untuk Filipina.

Adapun, pelantikan dubes LBPP dilakukan sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 4/P Tahun 2022 yang ditetapkan di Jakarta pada 11 Januari 2022.  Saat pelantikan, Jokowi memimpin pengucapan sumpah dan diikuti para Dubes.

“Saya bersumpah/berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," kata ketiga duta besar.

Agus telah memimpin Lemhanas sejak masa kepemimpinan Jokowi, tepatnya mulai 15 April 2016. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Deputi Kepala Unit Kerja Presiden Pengelolaan Program dan Reformasi (UKP3R) pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Agus sempat menjadi Perwira dalam International Commission for Control and Supervision di Vietnam pada 1973, dan dalam Kontingen Indonesia untuk United Nations Emergency Force II di Sinai, Timur Tengah pada 1975.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...