Gempa 6,7 SR Guncang Banten, Getaran Terasa Hingga Jakarta

Ameidyo Daud Nasution
14 Januari 2022, 16:20
gempa, jakarta, banten
Katadata
Kepanikan melanda wilayah perkantoran di Jakarta usai gempa terasa pada Jumat (14/1). Foto: istimewa

 Gempa berkekuatan 6.7 Skala Richter mengguncang wilayah perairan barat daya Banten. Getaran gempa bahkan terasa hingga DKI Jakarta dan sekitarnya.

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi pada pukul 16.05 WIB. Lokasi berada pada 52 kilometer Barat Daya Sumur-Banten.

Sedangkan kedalaman gempa mencapai 10 kilometer, “Tidak berpotensi tsunami,” demikian keterangan BMKG, Jumat (14/1).

Guncangan terasa hingga Jakarta dan wilayah sekitarnya seperti Depok dan Bekasi. Di bilangan Kalibata, Jakarta Selatan getaran bahkan terasa hingga pukul 16.07 WIB.

Gempa sore ini juga mengakibatkan kepanikan di wilayah perkantoran yang ada di ibu kota. Terlihat di Rukan Permata Senayan, para pekerja berhamburan keluar untuk menghindari dampak lindu.

Gempa juga mengakibatkan ratusan Pegawai Negeri Sipil di Balai Kota Jakarta dan Gedung DPRD DKI juga berhamburan keluar. Beberapa pekerja bahkan melanjutkan pekerjaan mereka di halaman depan.

"Saya bertugas di lantai 15, (langsung) turun sampai halaman, masih bergetar kaki saya," kata seorang pegawai Pemprov DKI yang bernama Dina dikutip dari Antara.

Guncangan juga terasa hingga Sukabumi, Jawa Barat. Warga Kota Sukabumi berhamburan keluar saat gempa terasa di wilayah tersebut. "Rumah bergetar kencang ditambah air aquarium ikut bergelombang, spontan kami lari keluar rumah," kata warga Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi yang bernama Yanti Sumiati dikutip dari Antara.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...