Pasien Isoman Omicron Bisa Manfaatkan Telemedicine, Begini Caranya

Ameidyo Daud Nasution
27 Januari 2022, 16:01
omicron, telemedicine, covid-19
Kaspersky
Ilustrasi telemedicine

Pemerintah mengubah strategi penanganan kesehatan dalam menghadapi varian Omicron. Fokus perawatan pasien varian baru ini akan berada di rumah dengan metode telemedicine.

Kementerian Kesehatan saat ini telah menggandeng 17 layanan telemedicine untuk membantu perawatan. Pasien nantinya bisa mendapatkan layanan telekonsultasi hingga paket obat gratis.

Dikutip dari laman Setkab.go.id, pasien melakukan tes PCR yang terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kemenkes. Jika hasilnya positif, maka pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes (memiliki centang hijau) secara otomatis. Apabila tak mendapatkan pemberitahuan, maka pasien bisa memeriksakan NIK lewat laman https://isoman.kemkes.go.id.

Setelah mendapatkan Whatsapp pemberitahuan, pasien bisa berkonsultasi dengan dokter dari 17 layanan telemedicine. Caranya, pasien menean tautan dari WA Kemenkes atau saat pengecekan NIK mandiri di laman Kemenkes di atas.

Setelah itu pasien memasukkan kode voucher untuk konsultasi dan mendapatkan paket obat gratis. Dokter lalu akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan dapat ditebus lewat https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat. Hanya pasien berkategori layak isoman (gejala ringan atau tanpa gejala) yang akan mendapatkan obat dan vitamin gratis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...