Luhut: Pasien Covid RI Masuk RS Bisa Melonjak 3 Kali Lipat dari Delta

Rizky Alika
31 Januari 2022, 18:48
covid-19, luhut, rumah sakit
Kemenko marvest
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan dalam konferensi pers virtual perkembangan PPKM, Senin (10-1-2022),

Kasus Covid-19 varian Omicron tengah meningkat di Tanah Air. Pemerintah memperkirakan, pasien corona di rumah sakit akan ikut meningkat, bahkan lebih tinggi dari Juli lalu saat varian Delta memuncak.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memperkirakan kasus harian corona bisa meningkat lebih dari tiga kali lipat dari puncak Delta. Hal ini bisa terjadi apabila masyarakat tak berhati-hati.

Adapun puncak kasus varian Delta pertengahan tahun lalu mencapai 56 ribu pasien.  "Kami coba analisa jumlah rawat inap rumah sakit di Indonesia dapat lebih tinggi dari Delta," kata Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (31/1).

Namun, Luhut memperkirakan kecil kemungkinan situasi tersebut terjadi. Sebab, sejumlah model simulasi penyebaran Covid-19 yang disusun para pakar menujukkan Indonesia masih jauh dari perkiraan angka itu.

Hingga 30 Januari, kasus konfirmasi Covid-19 masih seperlima dari puncak kasus Delta pada Juli lalu. Selain itu, jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit masih sepersepuluh dari puncak kasus Delta. "Jadi kita tidak perlu khawatir berlebihan tapi super waspada," ujar dia.

Sementara, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan belum ada data pasti terkait kasus Omicron. Di sejumlah negara, pasien corona yang dirawat di rumah sakit jauh lebih rendah dibandingkan saat puncak kasus Delta.

Namun, ada negara yang menujukkan kondisi sebaliknya. "Banyak ketidakpastian," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...