Gempa Magnitudo 5,5 Terjadi di Banten, Getaran Terasa Sampai Jakarta

Ameidyo Daud Nasution
4 Februari 2022, 17:50
gempa, gempa bumi, jakarta
123rf/svitden
Gempa

Wilayah selatan Banten kembali diguncang gempa pada Jumat (4/2) pukul 17.10 WIB. Getaran gempa tersebut juga terasa hingga ke DKI Jakarta.

Dikutip dari Antara, gempa tersebut berkekuatan magnitudo 5,5. Sedangkan dari informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episentrum lindu berada di 71 kilometer barat daya Bayah, Lebak, Banten. 

Lokasinya berada di 7,48 derajat Lintang Selatan dan 105,92 derajat Bujur Timur serta berada pada kedalaman 10 kilometer. Namun gempa tersebut tak berpotensi tsunami.

Pada 14 Januari lalu, gempa juga menggoyang Banten dan terasa dampaknya hingga Jakarta dan Lampung. Gempa tersebut berkekuatan 6,6 SR serta memiliki episentrum di barat daya Banten.

Akibatnya,  sebanyak 1.909 rumah dan puluhan sekolah di Kabupaten Pandeglang rusak. Selain itu sejumlah warga dilaporkan mengalami luka-luka. 

Guncangan juga mengakibatkan sejumlah rumah di Kabupaten Lebak, Kabupaten Sukabumi, hingga Kabupaten Bogor rusak sedang. 

"Jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno pada 14 Januari lalu.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...