Hampir 2.000 Rumah Rusak Akibat Gempa Banten Magnitudo 6,6

Image title
Oleh Antara
16 Januari 2022, 13:55
gempa, gempa banten, rumah rusak, gempa 6,6
BNPB
Kondisi kerusakan rumah warga paska gempabumi M 6,7 di Banten, Jumat (14/1).

Gempa dengan magnitudo 6,6 di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, akhir pekan lalu (14/1) mengakibatkan 1.909 rumah rusak. Jumlahnya terus bertambah.

"Meningkatnya jumlah rumah rusak itu sebanyak lima unit (dibandingkan Sabtu) " kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Pandeglang Girgi Jantoro, di Pandeglang, dikutip dari Antara, Minggu (16/1).

BPBD Pandeglang terus melakukan pendataan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa 6,6 skala richter (SR) tersebut.

Girgi menyampaikan, pendataan rumah yang rusak akibat gempa itu harus benar- benar akurat dan valid. Dengan begitu, mereka yang menerima bantuan dapat tepat sasaran.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Pemerintah Provinsi Banten dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) akan memberikan bantuan atas kerusakan rumah hingga pembangunan hunian tetap (huntap).

Oleh karena itu, BPBD setempat melibatkan aparatur kecamatan, desa dan relawan dalam mendata rumah yang rusak akibat gempa di Banten.

Berdasarkan data yang diterima BPBD Pandeglang per Pukul 12.00 WIB, ada 1.909 rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa. Sebanyak 1.148 unit kategori rusak ringan, 424 sedang, dan 337 berat.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...