Kasus Terus Melonjak, Puncak Gelombang Omicron di RI Makin Dekat

Beberapa daerah seperti DKI Jakarta serta Bali telah melampaui puncak penularan Omicron. Kemenkes prediksi puncak kasus di luar Jawa akan terjadi dalam tiga pekan
Ameidyo Daud Nasution
16 Februari 2022, 15:24
omicron, covid-19, puncak covid
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/wpa/YU
Petugas menyemprotan cairan disinfektan di SMAN 2, Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat (11/2/2022).

Penularan Covid-19 di Indonesia terus meningkat hingga mencapai rekor 57.049 pada Selasa (15/2). Meski demikian Kementerian Kesehatan memprediksi puncak gelombang corona varian Omicron saat ini telah dekat.

Hal ini lantaran kasus di daerah penyumbang terbanyak seperti DKI Jakarta telah mencapai puncak dan menurun dalam beberapa hari terakhir. Sedangkan daerah lain di Jawa dan Bali akan segera mencatatkan kasus tertinggi.

“Sekitar 60 sampai 70% kasus berasal dari DKI dan sudah turun sehingga kita sudah mendekati puncak Omicron,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers, Rabu (16/2).

 

Advertisement

Dari data Kemenkes, kasus di DKI telah menyentuh rekor 15.825 pekan lalu dan terus menurun hingga 10.172 pada Minggu (13/2). Begitu pula kasus di Bali yang mulai melandai setelah menyentuh puncaknya yakni 2.556 kasus.

Sedangkan lonjakan kasus Covid-19 di Jakarta, Bali, Jawa Barat, dan Banten hingga 13 Februari telah melampaui puncak varian Delta. “Sedangkan Jawa Timur masih menuju puncak,” kata Nadia.

Nadia juga memprediksi peningkatan kasus di luar Jawa dan Bali baru akan terjadi tiga sampai empat pekan dari sekarang. Beberapa provinsi yang mulai menunjukkan peningkatan signifikan adalah Papua dan Nusa Tenggara Barat.

Kenaikan kasus positif Covid-19 di Papua telah mencapai 615 orang, lebih tinggi dari 357 saat puncak varian Delta. Begitu pula NTB yang mencatatkan kenaikan 548 kasus atau di atas periode varian Delta yakni 503 orang.

“Ini memperlihatkan bahwa (peningkatan) kasus di Luar Jawa dan Bali akan terjadi,” katanya.

Nadia juga meminta masyarakat untuk waspada lantaran besaran lonjakan saat puncak kasus masih tergantung beberapa faktor. “Tergantung deteksi dini serta disiplin protokol kesehatan,” ujarnya.

Adapun angka kasus baru Covid-19 sebanyak 57.049 kemarin merupakan rekor tertinggi selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Sebelumnya kasus harian terbanyak terjadi pada masa penularan varian Delta yakni 56.757 orang pada 15 Juli 2021 lalu.

Provinsi Jawa Barat menyumbangkan angka kasus tertinggi harian yakni 14.058 orang. Di Bawahnya adalah DKI Jakarta dengan 9.482 pasien baru dan Jawa Timur dengan 7.528 kasus baru.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait