Kasus Terus Melonjak, Puncak Gelombang Omicron di RI Makin Dekat

Ameidyo Daud Nasution
16 Februari 2022, 15:24
omicron, covid-19, puncak covid
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/wpa/YU
Petugas menyemprotan cairan disinfektan di SMAN 2, Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat (11/2/2022).

Penularan Covid-19 di Indonesia terus meningkat hingga mencapai rekor 57.049 pada Selasa (15/2). Meski demikian Kementerian Kesehatan memprediksi puncak gelombang corona varian Omicron saat ini telah dekat.

Hal ini lantaran kasus di daerah penyumbang terbanyak seperti DKI Jakarta telah mencapai puncak dan menurun dalam beberapa hari terakhir. Sedangkan daerah lain di Jawa dan Bali akan segera mencatatkan kasus tertinggi.

“Sekitar 60 sampai 70% kasus berasal dari DKI dan sudah turun sehingga kita sudah mendekati puncak Omicron,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers, Rabu (16/2).

Dari data Kemenkes, kasus di DKI telah menyentuh rekor 15.825 pekan lalu dan terus menurun hingga 10.172 pada Minggu (13/2). Begitu pula kasus di Bali yang mulai melandai setelah menyentuh puncaknya yakni 2.556 kasus.

Sedangkan lonjakan kasus Covid-19 di Jakarta, Bali, Jawa Barat, dan Banten hingga 13 Februari telah melampaui puncak varian Delta. “Sedangkan Jawa Timur masih menuju puncak,” kata Nadia.

Nadia juga memprediksi peningkatan kasus di luar Jawa dan Bali baru akan terjadi tiga sampai empat pekan dari sekarang. Beberapa provinsi yang mulai menunjukkan peningkatan signifikan adalah Papua dan Nusa Tenggara Barat.

Kenaikan kasus positif Covid-19 di Papua telah mencapai 615 orang, lebih tinggi dari 357 saat puncak varian Delta. Begitu pula NTB yang mencatatkan kenaikan 548 kasus atau di atas periode varian Delta yakni 503 orang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...