Belajar dari Pandemi, Menkes Minta G20 Bentuk Dana Global Kesehatan

Rizky Alika
17 Februari 2022, 17:58
g20, covid-19, kesehatan
Setkab/Agung
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin

Dunia tengah menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun mendorong anggota G20 untuk membentuk dana global sektor kesehatan.

Menurutnya, dana global diperlukan lantaran dunia memerlukan kekuatan dan kecepatan dalam menghadapi pandemi berikutnya. Berbagai negara pun telah belajar menghadapi pandemi melalui Covid-19.

"Kita harus memiliki kapasitas pendanaan untuk membuat keputusan dan menyalurkan uang saat terjadi krisis kesehatan di dunia," kata Budi dalam High Level International Seminar: Strengthening Global Health Architecture, Kamis (17/2).

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu menyadari perlunya institusi dan infrastruktur pada sektor kesehatan. Namun, permasalahan finansial kerap menjadi hambatan dalam mengeksekusi kebutuhan yang ada.

Dalam kesempatan itu, Budi juga mengingatkan uang tidaklah cukup untuk menghadapi krisis. Sebagai contoh, Indonesia memiliki dana selama krisis, tapi tidak bisa mengakses ventilator, masker, hingga vaksin.

"Untuk itu kita perlu transfer dana tersebut menjadi akses penanggulangan darurat kesehatan," ujar dia.

Saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendorong sejumlah inisiasi global seperti Global Alliance for Vaccine and Immunization (GAVI) dan The Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI). Organisasi sementara itu dibentuk untuk mengidentifikasi kebutuhan berbagai negara, seperti vaksin, alat diagnostik, dan sistem kesehatan alternatif.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...