Kasus Covid Menanjak, Jawa Barat Tambah Stok Oksigen hingga Kamar ICU

Rizky Alika
18 Februari 2022, 16:08
jawa barat, covid-19, corona
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pasien berbaring menunggu hasil skrining sebelum dipindahkan ke ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasbullah Abdulmadjid, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (4/2/2022).

Jawa Barat menjadi salah satu penyumbang kasus Covid-19 terbesar di Tanah Air. Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun melakukan sejumlah upaya penanganan Covid-19 di wilayah tersebut.

Salah satunya, menambah stok oksigen untuk rumah sakit.  Saat ini, setiap kabupaten di Jawa Barat telah memiliki stok oksigen untuk memudahkan desa yang memerlukan pasokan dengan lebih mudah.

"Oksigen sempat kesusahan bukan main. Kami sampai minta bantuan keluar sehingga sekarang lebih baik," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Nina Susana Dewi pada webinar Katadata Google News Inititative bertajuk "Strategi Hadapi Gelombang Ketiga Pandemi", Jumat (18/2).

Selain itu, Dinas Kesehatan juga memiliki data terkait stok oksigen yang menipis di rumah sakit. Dengan demikian, mereka dapat segera mengirimkan oksigen ke fasilitas kesehatan."Kami punya daftar sekian jam lagi oksigen di rumah sakit ini akan habis," katanya. 

Pemprov juga menerima bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupa 100 kamar ICU. Pihaknya pun mendistribusikan penambahan kamar ICU tersebut ke sejumlah rumah sakit.

Selanjutnya, Dinas Kesehatan melakukan kerja sama dengan perusahaan swasta, salah satunya Shopee Indonesia. Kerja sama dilakukan dengan menyediakan 100 mobil vaksin kepada masyarakat. "Kami lakukan pentahelix luar biasa dengan pihak luar," katanya.

Kemudian, pihaknya juga memperbaiki sistem Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar). Sejumlah fitur pada aplikasi tersebut ditingkatkan guna meningkatkan interaksi dengan masyarakat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...