Luhut Tak Mau Indonesia Terburu-buru Transisi ke Endemi Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
11 Maret 2022, 18:32
luhut, covid-19, endemi
Kemenko marvest
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan dalam konferensi pers virtual perkembangan PPKM, Senin (10-1-2022),

Penularan Covid-19 terus menunjukkan tren penurunan usai puncaknya pada pertengahan Februari lalu. Bersamaan dengan itu, pemerintah tengah menyiapkan skenario dari pandemi menuju endemi.

Meski demikian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan enggan tergesa-gesa mempersiapkan hal tersebut. Ini lantaran persiapan menuju endemi juga memerlukan studi mendalam.

Advertisement

Luhut juga mengatakan situasi Indonesia saat ini sudah mirip endemi. “Sudah tidak mau tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dan antigen lagi. Silakan bepergian, tapi kami amati,” kata Luhut dalam siniar 'Close The Door' milik Deddy Corbuzier yang disiarkan pada Jumat (11/3).

Dia mengatakan, pemerintah akan kembali menginjak rem pembatasan jika kasus Covid-19 melonjak. Luhut lalu menjelaskan aturan protokol corona kerap berubah karena karakteristik virus yang berubah-ubah.

“Penyakitnya juga tidak konsisten, kami juga harus menyesuaikan diri,” kata dia.

Luhut juga meminta masyarakat terutama yang berusia lanjut dan memiliki komorbid tidak menganggap enteng Omicron. “Kalu anda sudah vaksin dua kali ditambah booster, relatif aman,” katanya.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement