Kaji Transisi Pandemi Covid Jadi Endemi, Luhut: Kita Tak Perlu Latah

Rizky Alika
21 Februari 2022, 16:29
pandemi, covid-19, luhut, endemi
Kemenko marvest
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan dalam konferensi pers virtual perkembangan PPKM, Senin (10-1-2022),

Pemerintah tengah mengevaluasi status Covid-19 menjadi endemi dari saat ini pandemi. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah mendiskusikan hal tersebut dengan para pakar dan ahli wabah pada Minggu (20/2).

Pemerintah pun akan melakukan transisi secara bertahap, sesuai data indikator kesehatan, ekonomi, sosial, dan budaya. Luhut berjanji, Indonesia tidak akan terburu-buru mengikuti perubahan status pandemi menjadi endemi, seperti di Inggris, Denmark, hingga Singapura. 

Advertisement

"Kita tidak perlu latah ikut-ikutan negara yang sudah memberlakukan pelonggaran," kata Luhut usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo secara daring, Senin (21/2).

 Sejumlah indikator yang menjadi pertimbangan adalah meliputi tingkat kekebalan masyarakat yang tinggi, tingkat kasus yang rendah berdasarkan indikator Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kapasitas respons fasilitas kesehatan yang memadai, dan melakukan surveilans aktif.

Selanjutnya, prakondisi itu harus terjadi pada rentang waktu yang cukup panjang dan konsisten. Indikator transisi dari pandemi ke endemi itu akan terus disempurnakan dengan para pakar dan ahli di bidangnya.

Guna mencapai transisi pandemi menjadi endemi, pemerintah akan mendorong sejumlah hal. Salah satunya, menggenjot vaksinasi dosis kedua dan ketiga, utamanya untuk lansia.

Kemudian, pemerintah terus mendorong dan meminta bantuan kepada kepala daerah dan jajarannya untuk aktif memaksimalkan jumlah vaksin booster bagi yang sudah memiliki tiket vaksinasi dosis ketiga.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement