Kasus Covid-19 Turun, KSP Sarankan Sekolah Bisa Gelar PTM 100% Lagi

Ameidyo Daud Nasution
16 Maret 2022, 17:29
ptm, ksp, sekolah, covid-19
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.
Guru memberikan materi saat proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di SDN Tanah Tinggi 1, Kota Tangerang, Banten, Senin (7/3/2022). Pemerintah Kota Tangerang menerapkan PTM terbatas sebanyak 50 persen untuk siswa kelas 6 SD dan kelas 9 SMP di tengah pemberlakuan PPKM level 3. ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.

Kasus Covid-19 terus menurun dalam beberapa pekan belakangan. Bersamaan dengan itu, Kantor Staf Presiden (KSP) mengusulkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100% perlu dilakukan kembali.

Hal ini karena sekolah perlu mempersiapan ujian agar berjalan dengan lancar. Belum lagi tidak semua guru mendapatkan fasilitas gawai serta internet dengan baik.

“Ini dikhawatirkan bisa membuat pelaksanaan ujian online tidak maksimal,” kata Tenaga Ahli Utama KSP Abraham Wirotomo dalam keterangan tertulis, Rabu (16/3).

Abraham menyarankan pemerintah daerah meningkatkan tes demi menepis kekhawatiran munculnya lonjakan kasus pada pelaksanaan sekolah tatap muka. Hasil tes bisa menjadi acuan apakah sekolah aman menggelar PTM atau tidak.

Dia mencontohkan tes bisa dilakukan pada 10% populasi sekolah atau kelas. Jika rasio positif Covid-19 di bawah 1%, maka tidak perlu ada tindakan khusus. Sedangkan jika rasionya berada pada rentang 1% sampai 5% maka satu kelas harus diisolasi.

“Jika di atas 5%, maka isolasi bisa dilakukan selama dua minggu,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...