Di Tengah Unjuk Rasa Mahasiswa, Jokowi Temui HIPMI hingga Menlu Kanada

Ameidyo Daud Nasution
11 April 2022, 17:08
jokowi, demonstrasi, mahasiswa
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko widodo

Presiden Joko Widodo ternyata tetap beraktivitas seperti biasa meski demonstrasi mahasiswa tengah terjadi di sejumlah titik. Presiden tetap menerima tamu mulai dari pengusaha hingga pejabat negara lain.

Jokowi menerima kehadiran pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) yang baru dilantik. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi sempat berdiskusi mengenai inovasi hingga kondisi ekonomi terkini dari para pengusaha muda yang hadir.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum Himpi Mardani H. Maming, pendiri Hipmi Abdul Latief, hingga pengurus Hipmi di 34 provinsi. Mardani mengatakan Jokowi sempat berpesan kepada para pengusaha agar mampu beradaptasi di tengah situasi saat ini yang tidak terduga.

Mardani mengatakan, Jokowi telah memerintahkan agar pemerintah pusat dan daerah bisa membelanjakan anggarannya sebesar 40% untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). "Presiden juga akan mengawasi setiap hari,"  kata Mardani usai bertemu Presiden di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (11/4).

Selain itu Jokowi juga menerima Menteri Luar Negeri Kanada Mélanie Joly. Dalam kesempatan tersebut mereka membahas potensi peningkatan kerja sama ekonomi hingga investasi kedua negara.

"Pada tahun 2021 perdagangan kedua negara naik 30%, sedangkan investasi naik 4%," kata Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi.

Jokowi meminta perundingan dagang antara Kanada dengan Indonesia segera dikebut penyelesaiannya. Sedangkan Joly menyampaikan dukungannya kepada Presidensi G20 RI.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...