Tol Cisumdawu Bisa Digunakan Pemudik hingga Exit Cimalaka di Sumedang

Ameidyo Daud Nasution
22 April 2022, 11:13
tol cisumdawu, tol, ridwan kamil, jawa barat
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Kendaraan melintasi ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022).

Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) telah bisa digunakan untuk mudik Lebaran tahun ini. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan tol tersebut bisa digunakan hingga Exit Tol Cimalaka di Sumedang.

Ridwan mengatakan dengan beroperasinya tol hingga Cimalaka, maka pemudik yang akan mudik ke Kabupaten Sumedang dan Majalengka tak perlu lagi lewat Jalan Cadas Pangeran dan Jatinangor yang kerap macet.

"Itu berita baik hari ini yang masyarakat ingin tahu," katanya usai upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya di Bandung, Jumat (22/4) dikutip dari Antara.

Sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) belum memberi lampu hijau penggunaan jalan tol Cisumdawu seksi dua dan tiga sebagai jalur mudik karena faktor keamanan. Kementerian PUPR membutuhkan waktu untuk memastikan bahwa jalan tol yang dilalui sudah benar-benar aman bagi pemudik.

"Kalau ada kabar ada tambahan di exit berikut saya kabarkan. Tapi baru exit itu (seksi satu)," kata Ridwan di Gedung Sate Bandung, Senin (18/4).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...